Powered by Blogger.
RSS

The Story of my TA

H-1 sebelum SBE datang.. Huwooo I'm very anxious now ><


Okee sebelum SBE nya datang,, aku mau cerita nih sebenernya TA aku ini tentang apa sih??

Kan ginii ya,, di suatu perusahaan oleochemical itu ada yang namanya proses bleaching atau pemucatan,biasanya proses ini tuh dilakuin pake adsorben, biasanya bleaching earth. Sementara itu bleaching earth yang udah dipake dan banyak mengandung minyak disebut sebagai spent bleaching earth.

Nah! TA aku itu melihat kelayakan dari SBE yang diaktivasi kembali jadi adsorben, apakah dia masih layak atau ga,, gituuu

Biar lebih jelas aku ceritain juga deh apa yang mesti aku lakuin selama TA.
The very first thing I must do is to do the characterization of the SBE. Apa aja sih uji karakteristik yang harus dilakuin?? Nih, liat aja sendiri daftar di bawah ini heheh
1. Bulk density
2. ultimate analysis, dengan uji ini kita bisa tau kadar C,H,O,N,S, dll yang ada dalam SBE nya
3. analisa kimia abu, untuk tau oksida yang ada dalam SBE, tapi untuk yang satu ini udah ada datanya dari perusahaan oleochemical yang bersangkutan.
4. Kandungan logam, untuk tau ada logam apa aja di dalam SBE nya, FYI uji untuk logam berat ini cukup mahal booo!!
5. Analisa total fosfat, nah uji yang satu ini belum jelas harus diakuin atau ga.
6. pH atau derajat keasaman
7. kadar air, volatile matter, ma fixed carbon dari sample atau dalam hal ini SBE

itu uji karakteristik pendahuluan. Selanjutnya apa? Selanjutnya adalah pembuatan adsorben dari SBE atau dengan kata lain reaktivasi SBE. Bagaimana proses aktivasi ini dilaukan? Yuk kita liat penjelasan dibawah ini:
1. Proses karbonasi. Proses ini dilakuin untuk mengeringkan dan menguapkan senyawa dalam karbon. Pada proses ini terjadi destruksi termal bahan yang mengandung karbon dan menghilangkan spesies non-karbonnya.
2. Proses aktivasi. terdapat 2 jenis proses aktivasi yaitu aktivasi secara fisika dan secara kimia. Yang bakal dijelasin disini cuma yang secara kimia aja yaaa (soalnya aku pake yang itu heheheh). Aktivasi secara kimia dilakukan dengan penambahan zat kimia, dalam studi saya ini saya menggunakan asam fosfat pekat. kemudian dipanaskan. (Konsentrasi dan berapa lamanya belum tahu, harus nyari dulu ada ga metode bakunya ^^v)

Setelah adsorben jadi maka dilakukan uji karakteristik adsorben, yaitu:
1. bulk density
2. spesific gravity
3. pH
4. analisa kimia abu, uji ini dilakuin supaya tau apakah SBE ini bisa jadi pengganti salah satu komponen bahan bangunan (misalnya semen) if ini worst case si SBE ini ga layak untuk jadi adsorben.
5. Jod number atau iodine number
6. Methylene blue number
7. Kadar air, volatile matter, fixed carbon

Nah udah deh cuma gitu, tapi masalahnya, sample yang harus ditelitinya ada banyak. Yaaah, semoga aja bisa selese cepet. Dan semoga bisa lulus tauh ini. Amiiiin XD

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment